Rabu, 28 Oktober 2009

Cara Setting Layout Buku

Tutorial kali ini membahas bagaimana cara membuat settingan layout buku, buku jurnal buku alumni dan jenis buku-buku lainnya. Sesuai dengan vote yang saya lakukan selama 3 minggu ini ternyata tutorial video lebih disenangi walau ada juga tutorial versi lain yg dipilih.

Dasar-dasar membuat bentuk layout (dummy) sebuah buku harus diperhatikan dulu aplikasi apa yang akan kita pakai. Saya merekomendasikan adobeindesign cs sebagai pilihan utama, adobepagemaker juga tidak masalah. Namun kali ini yang akan saya uraikan tutorialnya berbasis adobeindesign cs.

Okey.. sebelum mendownload full tutorial videonya kita simak dulu tahap awal yang harus diperhatikan apa saja.

1. Siapkan dalam bentuk ukuran apa buku yang akan kita layout, bila tidak punya pandangan bisa ambil dan cari contoh2 buku-buku bagus yang ada disekitar ruangan rumahmu atau pergi ke gramedia lalu liat-liat… :D jangan lupa bawa penggaris untuk mengukurnya.. haha..

2. Persiapkan berapa halaman yang akan kita buat, coba cek di data file yang akan diolah untuk membuat bukunya. Biasanya diketik dulu di ms office.

3. Ambil kertas yang tidak terpakai untuk membuat dummy (contoh) bayangan sementara buku yang akan kita buat nantinya. Hal ini sebagai ukuran dan akan diketahui berapa lembar halaman kertas yang akan dibutuhkan nantinya.

4. Ukur panjang lebar halaman, maksudnya ukuran original satu halaman dibuku tersebut akan dibuat berapa panjang dan lebarnya.

5. Catat dikertas ukuran marginnya untuk mengingat2 saja .

Tata cara setting layoutnya bisa langsung ambil downloadnya dibawah ini

2 komentar:

  1. COPASTE tanpa izin ADALAH KEJAHATAN..!!!!

    BalasHapus
  2. IMM kok copy paste. bikin tulisan sendiri donk, atau minimal mencantumkan link sumber artikel.

    BalasHapus